Donat Beku Pertama Di Medan

121
donat beku pertama

Donat Beku Pertama Di Medan Di Kembangkan Oleh Donita Food

UKMKOTAMEDAN.COM– Renny Wulan Sari mulanya punya aktivitas biasa sebagai ibu rumah tangga pada umumnya. Ibu dua anak ini terinspirasi ketika ia dan kerabatnya iseng membuat makanan ringan. Makanan ringan bernama donat ini terbuat dari bahan dasar tepung dan kentang. Tidak sedikit akhirnya minta dibuatkan.

Waktu itu sekira akhir tahun 2013, memanfaatkan jaringan sederhana, Renny pun mulai menerima sistem pre-order.

Donat yang dijualpun unik, berbentuk adonan siap goreng yang beku dijual per pack berisi 8 buah donat. Jika biasanya banyak ditemui donat berbentuk cincin dengan bolong di tengah adonannya, sedang donat produksi Renny berbentuk bulat saja, tapi istimewanya donat ini berisi aneka varian rasa.

Itu sebabnya cemilan produk Renny ini bernama Donita, DOnat aNeka cITa rasA. Setidaknya perhari Renny bisa menjual 100 hingga 150 pack perharinya. Melihat permintaan yang kian banyak, Renny pun semangat untuk serius dengan usaha rumah tangga ini.

Melihat peluang berbisnis di camilan ini mulai terlihat prospeknya, Pada awal tahun 2014 Renny dibantu sang suami, Ferri Azwar kian memfokuskan usaha kecil menengah ini. Dengan modal awal sekira Rp75 juta rupiah, mereka gunakan untuk menyewa ruko yang hingga kini beralamat di jalan Pasar 1, Setia Budi No 78 D, Tanjung Sari Medan. Selain itu juga mereka melengkapi mesin pengadon, mesin pendingin dan lain sebagainya.

“Niat kita untuk memajukan produk ini pun mulai bulat ketika melihat respon pasar. Saya dan suami pun mulai rajin ikut-ikut pelatihan pengembangan produk dan ikut pameran-pameran untuk mengenalkan produk Donita,” jelas ibu dari dua putra ini.

Konsentrasi Renny pun tidak hanya berfokus pada bagaimana menjual produk tapi juga bagaimana memproduksi dengan kualitas yang baik dan packaging yang menarik.

Cemilan ini tergolong unik, karena biasanya makanan beku berbentuk cemilan asin atau gurih seperti nuget dan bakso yang berfungsi sebagai pelengkap makanan. Tapi produk Donita berupa cemilan pertama yang diproduksi di Medan dengan konsep frozen food.

Renny menjelaskan target pasar mereka adalah para ibu-ibu yang saat ini sudah mulai melek media internet. Para ibu-ibu muda terutama juga bisa menyajikan kue ini untuk acara-acara seperti arisan. Ibu rmah tangga juga menjadi target pasar yang terus di kejar Renny.

Meski beku, donat kentang Donita hanya bertahan 2-3 bulan saja di dalam freezer, tanpa freezer hanya bertahan hingga 4 hari saja, karena diolah tanpa bahan pengawet. (wina/UKM03)

Tinggalkan Komentar

Masukkan Komentar Anda
Masukkan Nama Anda :