Bakpao Frozen Delipao Medan

by donita

Apa Itu Bakpao Frozen ?

Sejarah Bakpao sendiri berasal dari salah satu bagian kecil dari roman terbaik sepanjang masa, Sānguó Yǎnyì. Zhuge Liang (181 – 234) adalah salah satu ahli strategis terbaik China, juga sebagai perdana menteri, insinyur, ilmuwan, dan penemu legendaris bakpao. 

Cerita ini berawal pada zaman tiga negara (sam kok) ketika terjadi pemberontakan besar-besaran di daerah selatan Tiongkok, perdana menteri Tiongkok saat itu, Zhuge Liang meminta izin kepada kaisarnya, Liu Chan untuk menumpas pemberontakan di selatan itu, terkenal dengan sebutan ‘The Southern Campaign’ – Suku selatan itu disebut juga ‘Nanman’ atau ‘orang barbar dari selatan’. Raja di daerah selatan yang memberontak tak lama setelah Liang sampai di daerah selatan itu, Liang sudah mengalahkan Meng Huo 7 kali dan membebaskan 7 kali juga, dimana pada saat pembebasan ketujuhnya Meng Huo akhirnya menyerah dan berjanji tidak akan memberontak lagi kepada Shu Guo (saat itu belum ada sebutan Zhong Guo karena Tiongkok masih terpecah menjadi tiga negara: Shu, Wu, Wei).

Setiap kali membebaskan Meng Huo, Zhuge Liang selalu ditentang oleh jenderal-jenderalnya: “ Kenapa dia dibebaskan ? Bagaimana jika dia memberontak lagi? ”, Liang dengan tenang menjawab: “ Aku dengan mudah dapat menangkapnya kembali semudah mengeluarkan tanganku dari saku. Kini aku sedang mengalahkan hatinya” Zhuge Liang tahu jika Meng Huo ditangkap dan dibunuh, akan ada pengganti Meng Huo lainnya dan memberontak ke Shu, karena itu dia pikir lebih baik membuat pemimpin daerah selatan yang berpengaruh ini berpihak kepadanya dan Meng Huo bisa memimpin daerah selatan untuk setia kepada Shu.

Pada peperangan yang terakhir, yang ketujuh kalinya, Zhuge Liang membuat Meng Huo masuk ke lembah yang dikelilingi pegunungan. Dilembah itu Liang menaruh kereta pengangkut makanan. Ketika melihat kereta itu, Meng Huo langsung tertarik dan memimpin pasukannya masuk ke lembah itu. Setelah pasukan Meng Huo mendekati kereta pengangkut makanan itu, ternyata kereta itu tidak berisi makanan melainkan bubuk mesiu! Langsung saja pasukan Shu yang sudah menunggu di kaki gunung memanah kereta-kereta yang penuh bubuk mesiu itu dengan panah api. Terjadi ledakan besar-besaran di lembah itu, dan dalam sekejap lembah itu menjadi lautan api yang menewaskan hampir semua pasukan Meng Huo. 

Kemenangan ini tidak membuat Liang senang, ia hanya agak menyesali: “Jasaku sangat besar kepada negara, namun dosaku juga sangat besar kepada Langit(Tian/Tuhan); semoga Langit berkenan mengampuniku karena aku hanya menjalankan kewajiban menjaga keamanan negara.” Setelah kejadian ini, Meng Huo kembali ditangkap pasukan Liang. Ketika Liang menemui Meng Huo, ia langsung melepaskan ikatan tali Meng Huo dan berkata: “ Silahkan anda pergi lagi dan mempersiapkan pasukan baru anda untuk bertarung kembali ”. Mendengar itu Meng Huo terharu dan berkata: “ Tujuh kali tertangkap, tujuh kali juga dibebaskan! Kejadian seperti ini seharusnya tidak pernah dan tidak akan terjadi!! Meskipun aku tidak punya adat istiadat, aku masih punya upacara keagamaan yang masih menjunjung etika. Tidak, aku tidak sehina itu! ” Setelah kejadian ini, suku selatan tidak pernah memberontak lagi kepada Shu.

Ketika dalam perjalanan akan kembali ke Cheng Du (ibu kota Shu), Zhuge Liang harus melewati sungai besar. Di sungai itu Liang tertahan karena selalu saja ada gelombang besar dan badai ketika pasukan Shu akan menyeberang. Zhuge Liang kemudian meminta pendapat Meng Huo yang ikut mengantar Liang dan Meng Huo berkata: “Sejak zaman nenek moyang kami, orang yang ingin melewati sungai itu harus melemparkan 50 kepala manusia untuk persembahan kepada roh sungai ” Karena Liang tidak mau membuat pertumpahan darah lagi, ia membuat kue yang menyerupai kepala manusia: bulat namun rata didasarnya, dan kue ini disebut bakpao (baozi). 

Sekarang, meskipun banyak yang tidak mengetahui asal usulnya, bakpao telah populer di seluruh dunia sebagai salah satu makanan tradisional Cina. Posisi bakpao bahkan sanggup menggantikan nasi seperti yang terlihat pada film Shaolin.

Mengapa Disebut Bakpao

Pada umumnya, bakpao merupakan makanan tradisional mayoritas orang tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia.

Bakpao sendiri berarti harfiah adalah baozi yang berisi daging. Baozi sendiri dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau,dan sebagainya, sesuai selera. Bakpao yang berisi daging ayam dinamakan kehpao. Pao itu sendiri artinya bungkusan, dan Bak itu artinya daging. Jadi bakpao itu adalah bungkusan yang berisi daging. 

Bahan Pembuat Bakpao

Kulit pao sendiri terbuat dari adonan tepung terigu, yang diberi ragi dan dibiarkan hingga mengembang, lalu dikukus sampai matang. Biasanya untuk membedakan isian pao ditandai dengan warna berbeda di atas pao tersebut 

Bahan Isian Bakpao

pertama kali bakpao dibuat dengan isian daging babi di dalamnya, namun seiring berjalannya waktu, bakpao hadir dengan aneka varian rasa. Mulai dari rasa daging ayam, kacang-kacangan, telur asin, sayur-sayuran, dan aneka selai lainnya.  

Produsen Bakpao Frozen Terdekat

Donita Food adalah Toko oleh oleh terhits di kota medan. Donita adalah produsen yang sudah Bersertifikat Halal MUI. Dan kini, donita adalah produsen makanan beku terhits di Kota Medan. Donita menjual segala macam makanan beku yang menyediakan berbagai cemilan beku, dan proses masaknya hanya tinggal dipanaskan atau digoreng kembali. Salah satunya adalah donita, yang menjual Bakpao yang disebut DeliPao. Kenapa diberi nama bakpao? karena bakpao identik dengan isian daging babi yang biasanya disajikan masyarakat tionghoa, maka dari itulah donita memberi nama DeliPao agar customer tau kalau Delipao donita halal dan asli produksi medan, deli serdang.

Delipao donita sangat digemari berbagai kalangan, karena teksturnya yang lembut, membuat siapa saja yang memakannya akan terpikat. Tokonya berdiri di Jl. Ps. V No.81, Dusun Salak, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371. Customer donita melayani pelanggan hingga berbagai daerah, baik itu dari dalam kota maupun hingga luar kota. 

Resep Bakpao Frozen Lembut Anti Gagal 

Bahan-bahan bakpao :

  • 250gr Terigu Protein Rendah (kunci biru)
  • 1 sdt Ragi Instan permifan 
  • ½ sdt Garam 
  • 150ml Air
  • 1 sdm Gula Pasir 
  • 1 sdm Margarine
  • 1 Bungkus coklat meses
  • Kertas kukus atau kertas roti

Cara Pembuatan Bakpao :

  1. Campurkan tepung terigu dan garam ke dalam wadah yang disediakan
  2. Sediakan wadah kosong, campur dengan air, permifan dan gula pasir, lalu aduk. Tunggu ragi sampai berbusa, tandanya ragi aktif. 
  3. Masukkan biang ragi yang sudah dilarutkan, ke dalam tepung terigu
  4. Aduk dengan spatula sampai setengah kalis
  5. Selanjutnya masukkan mentega, lalu uleni dengan menggunakan tangan sampai benar-benar kalis kurang lebih 15 menit
  6. Bagi adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dengan ukuran yang sama
  7. Pipihkan adonan yang sudah di bagi menjadi beberapa bagian tadi, lalu isi dengan isian sesuai selera, bisa daging, selai atau kacang-kacangan. Jangan lupa lapisi bagian bawah adonan dengan menggunakan kertas roti
  8. Tutup dengan kain serbet, lalu diamkan selama 30 menit 
  9. Siapkan kukusan dengan panas api sedang, kukus pao selama 15 menit sampai 20 menit hingga pao mengembang sempurna
  10. Setelah pao mengembang, angkat pao dan pindahkan ke wadah yang bersih
  11. Taraa.. pao sudah siap disajikan!

Resep Bakpao Praktis 

Bahan-bahan bakpao :

  • Tepung terigu 300 gram
  • Susu Cair 200 ml
  • Garam sejumput
  • Gula 2 sendok makan Ragi
  • 3 gram
  • Minyak 1 sendok makan

Bahan Isian Bakpao :

  • Susu Cair 400 ml
  • Kuning Telor 2
  • Garam sejumput
  • Vanilla extract ½ sendok teh kalau tidak ada bisa mengunakan 2 tetes pewarna pandan
  • Tepung terigu 3 sendok makan
  • Gula 80 gram

Cara Pembuatan Isian Bakpao :

  • Siapkan panci yang bersih
  • Masukkan semua bahan-bahan isian ke dalam panci, selanjutnya tuangkan susu kedalam panci tadi sekitar 400 ml 
  • Masukkan garam, gula, kuning telur, dan 2 tetes pewarna pandan. 
  • Aduk semua bahan hingga tercampur dengan sempurna, lalu nyalakan kompor dengan api kecil sambil diaduk terus sampai semuanya menyatu dan mendidih
  • Sesudah mendidih dan matang, sisihkan terlebih dahulu isian bakpao nya. 

Cara Pembuatan Bakpao :

  • Pertama-tama kita siapkan baskom atau mangkuk besar, kemudian masukan tepung terigu, gula dan garam dan juga raginya, susu sama minyak secukupnya. Setelah semua sudah dimasukan kita aduk-aduk sampai tercampur.
  • Sesudah tercampur semua bahan kita pindahkan ke bidang datar atau bisa menggunakan telenan yang sudah dikasih alas plastik biar tidak lengket, lalu kita uleni dengan tangan sekitar 5 menit sampai semuanya menyatu dengan baik dan kalis hingga menjadi adonan.
  • Setelah adonan kalis dan tidak lengket, lalu kita berikan sisa minyak pada baskom yang sebelumnya. Olesi hingga merata, setelah itu kita letakan adonan tadi kedalam baskom yang sudah di olesi minyak. lalu kita diamkan kurang lebih selama 1 jam di suhu terhangat di dapur kita, jangan lupa ditutup terlebih dahulu ya bun.
  • Jika sudah 1 jam, lalu siapkan adonan bakpao yang tadi kita sudah diamkan selama 1 jam. Pastinya adonan nya akan mengembang setelah kita diam kan tadi, selanjutnya kita letakan di alas datar atau talenan lalu kita bagi adonan nya menjadi beberapa bagian.
  • Sesudah di potong menjadi beberapa bagian, lalu buat adonan nya menjadi bulat. Setelah itu, buat jadi gepeng untuk memasukan isian 
  • Sesudah adonan nya di masukan isian, diamkan kurang lebih selama 30 menit sampai adonan nya mengembang, tutup adonan dengan menggunakan kain bersih
  • Sesudah 30 menit di diamkan, kita panaskan terlebih dahulu dandang kukusan. Sesudah dikira panas, lalu masukan adonan ke dalam dandang selama 10 – 15 menit.
  • Jika sudah 10 menit dan sudah matang, angkat bakpaonya. Lalu letakan di piring atau wadah yang cukup besar, sesudah itu bakpao siap untuk dinikmati.

Resep Bakpao Kapas 

Bahan kering : 

  • 250 gr Tepung protein tinggi
  • 3 gr atau ¼ Ragi
  • 100 gr Gula pasir
  • Sejumput garam

Bahan lain :

  • 125 ml Air dingin
  • 20 gr Mentega

Isian kacang hijau :

  • 150 gr Kacang hijau kupas
  • 100 gr Gula pasir
  • Sejumput garam
  • Secukupnya daun pandan wangi atau vanili

Cara pembuatan Bakpao :

  1. Siapkan wadah, campur semua bahan kering dan aduk hingga tercampur rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit secara bertahap, lalu uleni/mixer sampai air habis dan uleni/mixer bahan hingga telah setengah kalis. Lalu masukkan mentega dan uleni hingga kalis.
  2. Setelah adonan kalis dan lentur, tutup dengan plastik agar tidak kering. Diamkan selama kurang lebih 10 menit
  3. Bagi adonan dengan beberapa bagian dengan ukuran yang sama, selanjutnya adonan siap diisi dan dibentuk.
  4. Isi adonan sesuai selera, lapisi permukaan bawah dengan menggunakan kertas roti, diamkan hingga mengembang.
  5. Kukus selama kurang lebih 15 menit, tutup dengan penutup yang sudah dilapisi dengan kain serbet, agar uap air tidak jatuh menetes.
  6. Setelah pao sudah matang dengan sempurna, pindahkan pao ke wadah bersih. Lalu pao siap disajikan.

Resep Bakpao Karakter Lucu-lucu

Bahan Bahan :

  • 65 gram tepung terigu
  • 1/2 sachet ragi instan (saya pakai fermipan)
  • 50 ml air hangat

Bahan Lain :

  • 100 gram tepung tang mien
  • 85 gram tepung terigu
  • 5 sdm gula pasir
  • 2,5 sdm mentega putih
  • 60 ml air
  • Pewarna makanan

Cara Pembuatan Bakpao :

  1. Campur semua bahan biang, uleni sampai adonan tercampur rata. Biarkan selama 15 menit.
  2. Setelah 15 menit campur semua bahan biang dengan bahan lain, uleni sampai semua bahan tercampur rata. Tutup adonan dengan plastik wrap / kain agak basah. Lalu biarkan 30 menit sampai mengembang
  3. Kempiskan adonan yg sudah mengembang lalu bagi menjadi beberapa bagian, dan beri pewarna. Uleni setiap adonan sampai warna tercampur rata. Lalu bentuk sesuai selera. Dan beri isi (saya isi dengan kacang yg diblender halus + gula. 
  4. Lalu biarkan lagi bakpao yg sudah dibentuk, agar mengembang selama 15 menit sebelum dikukus.
  5. Setelah 15 menit kukus adonan selama 10 menit. Jgn lupa tutup panci utk mengukus dilapisi serbet, agar uap air tidak menetes ke bakpao
  6. TIPS : Setelah 10 menit. Matikan api. Jgn langsung di buka tutup kukusan, ini yg bisa menyebabkan bakpao keriting. Biarkan selama 10-15 menit sebelum tutup kukusan dibuka.
  7. Setelah 15 menit, angkat bakpao dari kukusan. Hasilnya bakpao akan cantik dan besar-besar.

Artikel Lain

Leave a Comment